TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. KOMENTAR ANDA MERUPAKAN KEHORMATAN BAGI KAMI.

Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar! (Khalifah 'Umar Ibnu Khattab)

Sambung Rasa

Komentar, masukan, ide, dan gagasan Anda sangat kami butuhkan di sini. Demi majunya kegiatan belajar mengajar SD kami. Utamanya untuk meningkatkan prestasi belajar para peserta didik kami. Salam untuk orang-orang yang dekat di hati Anda. Mari bersama kita tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia!

Selasa, 28 Juni 2011

Pembelajaran Bilangan Bulat dengan Metode Maju Mundur

Seperti yang kita ketahui bahwa pembelajaran bilangan bulat sudah mulai diperkenalkan kepada siswa sekolah dasar sejak kelas IV. Namun dalam proses pembelajarannya kebanyakan materi yang disampaikan guru masih bersifat abstrak. Apalagi buku pelajaran matematika (termasuk BSE untuk siswa SD/MI) yang beredar di pasaran, masih menjaga tradisi keabstrakan tersebut. Satu contoh yang menonjol adalah tentang penyampaian konsep pengurangan bilangan bulat. Dalam buku paket pelajaran matematika yang beredar di pasaran dijelaskan, bahwa untuk mengoperasionalkan proses pengurangan bilangan bulat terlebih dahulu harus mengubah kalimat pengurangan menjadi kalimat penjumlahan. Misalnya, untuk operasi hitung -4 - 5 = ... sebelum dioperasionalkan harus diubah terlebih dahulu menjadi -4 + (-5) = .... Untuk penyampaian konsep seperti ini jelas masih terlalu abstrak bagi siswa kelas IV yang masih mempunyai pola pikir konkret. Siswa mungkin akan bertanya-tanya, mengapa harus diubah terlebih dahulu menjadi kalimat penjumlahan? mengapa tidak langsung dikurangi saja? Apakah nanti tidak akan sama gambar garis bilangannya jika operasi hitung tersebut dibuktikan dengan pembuktian garis bilangan?

Hal seperti inilah yang menggelitik kami untuk menciptakan pembelajaran kreatif yang seberusaha mungkin untuk menjauhkan kesan pembelajaran yang bersifat verbal dan abstrak. Untuk itu, kami telah menciptakan alat peraga Balok Garis Bilangan untuk dapat diterapkan dalam pembelajaran bilangan bulat, di mana dalam peragaannya ditunjang dengan penemuan metode baru yaitu metode maju mundur. Di bawah ini sudah kami share cara-cara menggunakan alat peraga Balok Garis Bilangan serta penerapannya. Untuk memperbesar target, arahkan cursor ke Full Screen kemudian klik. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan isi komentar, bebas tapi sopan!