TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. KOMENTAR ANDA MERUPAKAN KEHORMATAN BAGI KAMI.
Komentar, masukan, ide, dan gagasan Anda sangat kami butuhkan di sini. Demi majunya kegiatan belajar mengajar SD kami. Utamanya untuk meningkatkan prestasi belajar para peserta didik kami. Salam untuk orang-orang yang dekat di hati Anda. Mari bersama kita tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia!

Jumat, 23 Desember 2011

BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) UPT Puskesmas Ngembal Kulon

Menjelang UAS Tahun pelajaran 2011/2012 kemarin, SD 3 Megawon kedatangan tamu khusus dari UPT Puskesmas Ngembal Kulon. Tamu itu adalah Bapak Suhaji dan Ibu Istiqomah. Mereka berdua adalah petugas medis puskesmas yang akan memberikan suntikan imunisasi kepada anak-anak SD 3 Megawon kelas I, II, dan III. Pada mulanya anak-anak agak takut begitu melihat jarum suntik, bahkan ada anak yang menangis histeris begitu mendengar kata "cutat..cutaaat". Namun berkat rayuan dan bujukan dari para ibu guru dan petugas puskesmas, anak-anak pun akhirnya mau disuntik imunisasi.
Menurut bapak Suhaji sasaran imunisasi vaksin ini adalah anak-anak Sekolah Dasar kelas 1 hingga III. Untuk kelas I adalah imunisasi campak, kelas II adalah imunisasi DT (Dipteria), sedangkan kelas III adalah TT (Tetanus). Pelaksanaan bulan BIAS ini dilakukan setiap satu tahun sekali setiap bulan November. Pemberian imunisasi ini dilakukan oleh para petugas dari Puskesmas setempat. Walaupun di Kecamatan Jati tidak terjadi kasus yang menyangkut virus campak, DPT atau TT namun pemberian ini akan terus dilakukan setiap tahun sekali. Kita harapkan jika anak usia SD kita beri vaksin maka, dia akan bertahan terhadap virus tersebut selama 15-25 tahun tergantung jenis vaksinnya, katanya.
Sedangkan menurut Bidan Istiqomah, bahwa pemberian imunisasi ini merupakan booster (ulangan) terhadap kekebalan yang pernah didapat pada saat bayi, di mana saat usia anak sekolah kekebalan sudah mulai turun. Pemberian vaksin ini juga harus kita awasi agar tidak terjadi masalah akibat pemberian vaksin tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar, bebas tapi sopan!