TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. KOMENTAR ANDA MERUPAKAN KEHORMATAN BAGI KAMI.

Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar! (Khalifah 'Umar Ibnu Khattab)

Sambung Rasa

Komentar, masukan, ide, dan gagasan Anda sangat kami butuhkan di sini. Demi majunya kegiatan belajar mengajar SD kami. Utamanya untuk meningkatkan prestasi belajar para peserta didik kami. Salam untuk orang-orang yang dekat di hati Anda. Mari bersama kita tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia!

Kamis, 08 April 2010

Alat Pendeteksi Nikotin


Alat peraga ini sangat cocok untuk mengajarkan kepada anak bahwa betapa sangat berbahayanya merokok itu. Apalagi dari kalangan Majelis Tarjih Muhammadiyah Pusat telah mengeluarkan fatwa haram untuk rokok. Alat ini sebagai pembukti betapa sangat pantas jika rokok diharamkan. Alat peraga sederhana ini bernama
Pendeteksi Nikotin. Diproduksi oleh PSBG Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Alat peraga ini bermanfaat untuk menunjukkan kepada para peserta didik akan bahaya dari racun tembakau (nikotin).

Bahan yang dibutuhkan : Toples plastik kecil, 2 buah selang plastik seukuran rokok, kapas, lem plastik dan paku besar untuk melubangi plastik serta alat lain yang relevan.

Cara membuat : Tutup plastik dilubangi sebesar selang, lalu pasang lubang pada lobang tersebut, jangan lupa di-lem supaya rapat. Masukkan kapas pada toples plastik.

Cara penggunaan : Pasang rokok pada salah satu ujung selang, kemudian gunakan ujung selang yang lain untuk menghisapnya. Amati kapas yang ada pada toples plastik dan catat apa yang terjadi. Tampak kapas berwarna kekuning-kuningan, warna kuning itulah yang merupakan Nikotin.

Alat ini diproduksi oleh : Muhajir, S.Ag (LRC), Suparyati, A.Ma Pd (Ketua PSBG), Kasturi (PBS 1) dan Hj. Rustiyati (PBS 2). Adapted by : Apakabar PSBG.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan isi komentar, bebas tapi sopan!