TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA. KOMENTAR ANDA MERUPAKAN KEHORMATAN BAGI KAMI.
Komentar, masukan, ide, dan gagasan Anda sangat kami butuhkan di sini. Demi majunya kegiatan belajar mengajar SD kami. Utamanya untuk meningkatkan prestasi belajar para peserta didik kami. Salam untuk orang-orang yang dekat di hati Anda. Mari bersama kita tingkatkan mutu pendidikan di Indonesia!

Senin, 22 Maret 2010

Masih Banyak Guru yang Menggunakan Metode Ceramah


Masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran satu arah atau metode ceramah hingga berakibat pada kurangnya daya kreatif peserta didik. Menurut Bapak Noor Yahya (Guru Kelas VI SD 3 Megawon) mengatakan, pendidikan bermutu menuntut tersedianya guru yang mampu menggunakan berbagai macam metode pembelajaran yang tepat dalam mengelola proses pembelajaran di kelas. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan masih banyak guru yang hanya mengandalkan metode ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, hasilnya siswa menjadi pasif, tidak kreatif dan cepat merasa jenuh.
"Tanpa persiapan yang matang, guru berdiri di depan kelas hanya sekadar untuk melaksanakan tugasnya saja. Sedangkan murid menerima pelajaran tanpa memberi respon, akibatnya pembelajaran berlangsung hanya satu arah," katanya disela-sela acara istirahat pertama setelah pelajaran jam pertama dan kedua selesai.. Lebih lanjut Pak Yahya mengatakan, sudah menjadi kewajiban bagi setiap guru untuk merubah pembelajaran satu arah itu dengan terus belajar, melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga menjadi guru yang profesional. Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan dukungan kepada Universitas Terbuka yang telah membantu pemerintah Indonesia, khususnya dalam melatih tenaga pendidik menjadi guru yang profesional sekaligus guru yang mampu menjadi pelatih bagi siswanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar, bebas tapi sopan!